Ingin Sukses Investasi Saham, Inilah 25 Aturan Dari Peter Lynch

Ingin Sukses Investasi Saham, Inilah 25 Aturan Dari Peter Lynch

peter-lynch

Jika Anda adalah pengamat di Dunia Saham, maka akan pernah mendengar nama Peter Lynch dimana Beliau adalah seorang pebisnis dan pengelola dana besar(Reksadana) tersukes dalam zaman modern ini dari tahun 70an hingga 90an dengan growth asset sebesar 29% per tahun. Jika Anda ingin sukses menjadi Investor dalam dunia Saham, maka perlu memperhatikan 25 Aturan Investasi yang dilakukan Peter Lynch selama ini. Berikut GoSaham akan menuliskan:

25 Aturan Investasi Dari Peter Lynch

  1. Investasi itu menyenangkan, bergairah, dan berbahaya jika anda tidak mengerjakan PRmu.
  2. Keunggulan anda sebagai investor bukanlah sesuatu yang didapat dari ahli saham di Wall Street. Anda bisa mengalahkan para ahli jika anda berinvestasi di perusahaan yang anda ketahui.
  3. Selama 30 tahun terakhir, pasar saham dipenuhi oleh para profesional investor. Berlawanan dengan kepercayaan yang populer, ini membuat lebih gampang investor amatir, anda, untuk mengalahkan pasar jika anda mengacuhkan gerombolan itu.
  4. Di belakang setiap saham ada perusahaan. Cari tahu apa yang dia lakukan.
  5. Sering tidak ada hubungan antara kisah sukses perusahaan dalam beroperasi dengan kesuksesan saham untuk jangka pendek. Tapi untuk jangka panjang, hubungan ini adalah 100 persen. Dan perbedaan inilah kunci menghasilkan untung. Adalah berharga untuk sabar, dan memiliki perusahaan yang sukses.
  6. Anda harus mengetahui apa yang anda miliki, dan mengapa anda memilikinya. “Ini akan segera naik!!!!!” tidaklah termasuk.
  7. Lemparan jarak jauh cenderung untuk meleset.
  8. Memiliki saham seperti memiliki anak – jangan terlibat dengan jumlah yang melebihi kapasitas anda.
  9. Jika anda tidak bisa menemukan perusahaan yang menarik bagi anda, taruhlah uang anda di bank sampai anda menemukannya.
  10. Jangan pernah berinvestasi di perusahaan tanpa mengerti keuangannya. Kerugian terbesar datang dari saham dengan laporan keuangan yang jelek. Selalu lihat laporan keuangan untuk melihat apakah perusahaannya kuat sebelum anda mempertaruhkan uang anda.
  11. Hindari saham favorit di industri favorit. Perusahaan hebat, di industri yang dingin, konsisten sebagai pemenang.
  12. Dengan perusahaan kecil, anda lebih baik menunggu sampai mereka menghasilkan laba sebelum anda berinvestasi.
  13. Jika anda ingin berinvestasi di perusahaan yang bermasalah, belilah perusahaan yang memiliki kekuatan bertahan. Dan tunggu signal pemulihannya. Ada industri yang tidak akan pernah membaik.
  14. Jika anda berinvestasi $ 1.000 di saham, paling sial anda akan kehilangan $ 1.000, tapi jika anda sabar, keuntungan $ 10.000 atau $ 50.000 menanti anda. “Orang2 biasa” biasa dapat memegang beberapa perusahaan terbaik, sedangkan para fund manager wajib melakukan diversifikasi. Dengan memiliki terlalu banya saham, anda kehilangan keuntungan dari konsentrasi. Diperlukan hanya sedikit saham pemenang untuk menghasilkan keuntungan maksimal seumur hidup.
  15. Di setiap industri dan daerah, selalu ada orang amatir yang bisa menemukan perusahaan hebat yang sedang bertumbuh jauh sebelum dilakukan para profesional.
  16. Penurunan di pasar saham adalah kepastian seperti badai Januari di COlorado. Jika anda bersiap, ini tidak akan melukai anda. Penurunan adalah kesempatan untuk memungut diskon yang ditinggalkan oleh kepanikan investor yang kabur dari badai.
  17. Setiap orang memiliki kecerdasan untuk sukses di saham, tapi tidak untuk mental. Jika anda cenderung panik, anda harus menghindari berinvestasi di pasar saham.
  18. Selalu ada yang harus dikuatirkan. Hindari beban di weekend, dan jauhi prediksi para analis. Jual saham hanya ketika fundamental berubah, bukan karena langit jatuh.
  19. Tidak ada yang bisa memprediksi suku bunga, masa depan ekonomi, ataupun pasar saham. Jauhi semua ramalan dan konsentrasi saja pada apa yang sedang terjadi di perusahaan yang anda investasikan.
  20. Jika anda mempelajari 10 perusahaan, anda akan menemukan 1 yang bagus. Jika anda melihat 50, anda akan menemukan 5. Selalu ada kejutan menyenangkan di pasar saham – perusahaan yang diabaikan oleh para ahli.
  21. Jika anda tidak memperlajari perusahaan, rasio sukses anda di pasar saham sama seperti jika anda bermain poker tanpa melihat kartu.
  22. Waktu ada di pihak anda ketika anda memiliki perusahaan yang hebat. Yang penting anda sabar menanti – bahkan jika anda melewatkan wall-mart di 5 tahun pertama, adalah saham yang bagus untuk 5 tahun berikutnya.
  23. Jika anda ada mental, tapi tidak ada waktu atau kemampuan mengerjakan PR, investasikan dalam reksadana. Diversifikasi menurut keperluan dan jenis reksadananya. Memiliki 6 yang sama bukanlah diversifikasi.
  24. Di antara pasar saham utama di dunia, pasar Amerika ada di urutan 8 profit sepanjang 10 tahun terakhir. Anda bisa mendapat lebih dengan berinvestasi pada perusahaan yang bagus di luar negeri.
  25. Di jangka panjang, portofolio yang disusun dari saham yang bagus cenderung mengalahkan pasar uang. Di jangka panjang, portofolio yang disusun dari saham jelek tidak akan mengalahkan uang yang disimpan di bawah kasur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *