Masih Perlu Takutkah Dengan Pergerakan IHSG?

Masih Perlu Takutkah Dengan Pergerakan IHSG?

logo-idx_20151118_163244

Ditulis Oleh: Nugroho Eka Budiyanto

Sarapan Pagi…

Pada Pagi Kali ini, GoSaham akan mereview tentang arah IHSG menuju pergantian bulan. IHSG pada saat ini dalam kondisi Bullish jangka menengah. Hal ini dapat dilihat pada chart Weekly dan Monthly yang begitu kuat pijakan IHSG pada MA 5 dan MA 22. Hanya saja pada Chart Daily, IHSG masih meninggalkan gap pada area 4346. Gap ini tidak harus tertutup pada waktu dekat ini. Pada chart Daily, garis tengah Bollingerband telah berpotongan dengan MA 22 daily, ada kemungkinan IHSG akan menguat atau sideways mendatar, mengapa Hal ini bisa ada 2 kemungkinan? Hal ini dimungkinkan karena adanya indikator lain yang belum mendukung seperti MACD dan Stokastik yang seolah-olah akan Dead Cross dalam jangka waktu pendek, dan hal ini bisa saja hanya Noise atau gangguan-gangguan kecil yang bisa berubah arah sewaktu-waktu. Berikut dapat dilihat Chart Dailynya:

Chart Daily

2015Nov-COMPOSITEdaily-800x600

Jika IHSG dipandang dari chart Weekly, IHSG telah memiliki pijakan yang cukup kuat berada diatas MA 22 dan MA 5 Weekly, sehingga ada kemungkinan IHSG akan bertahan diatas Support 4500. Dapat dilihat chart weekly sebagai berikut:

Chart Weekly

2015Nov-COMPOSITEweek-800x600

Untuk Jangka Menengah, IHSG masih dalam kondisi Bullish trend. IHSG kemungkinan MA 5 Monthly pada bulan Desember memiliki Support di 4522. Maka pada bulan Desember adalah peluang belanja pada saham-saham LQ45 yang bagus dan terdiskon. Chart Monthly sebagai berikut:

Chart Monthly

2015Nov-COMPOSITEmonth-800x600

Sekian Sajian dari GoSaham untuk Kawan-Kawan Trader semua. Semoga Bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil posisi saham selalu. Terima Kasih Sebelumnya telah berkenan membaca sajian dari GoSaham.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *